Kamis, 26 Januari 2012

Buku Teman Terbaik



Diantara kebahagiaan ialah meluangkan waktu untuk mengkaji, dan menyempatkan diri untuk membaca serta mengembangkan kekuatan otak dengan hikmah-hikmah. Buku adalah sahabat yang tidak menipu, teman yang tidak membuat kita bosan, tetangga yang tidak akan menyakiti dan teman yang tidak akan membuat kebohongan.

Buku akan memberikan kenikmatan yang panjang, akan menajamkam kemampuan intelektual, akan menenangkan jiwa serta akan mengisi dada. Dengan buku kita tidak harus bersusah payah menghadap seseorang pengajar yang mencari makan dari honor mengajar, buku adalah sesuatu yang senantiasa taat, baik disiang maupun malam hari, dia akan ikut baik dalam perjalanan maupun ketika berada di rumah.

Buku tidak pernah mengantuk dan tidak pernah kelelahan. Dia adalah guru yang jika kita membutuhkannya maka ia tidak akan merasa malu dan jika kita meninggalkannya untuk ganti materi maka ia tidak akan memutuskan faedahnya. Walaupun kita meninggalkannya dia akan selalu taat. Kesendirian kita tidak akan membahagiakan selama kita selalu bersamanya dan tidak akan memaksa kita duduk bersama orang yang jelek perangainya.

Meskipun tidak ada keutamaan yang bisa kita ambil, namun buku sudah menghalangi niat kita untuk duduk didepan rumah. Sebab hal tersebut melanggar hak orang lain, menzalimi diri kita dengan melihat orang secara berlebihan dan keterlibatan diri kita dalam sesuatu yang tidak berguna. Semua ini akan menghindarkan kita dari segala kemungkinan buruk dan menghadapkan pada manfaat yang besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar