Kamis, 12 Januari 2012

FIBER OPTIC

Komunikasi adalah pemberian informasi baik berupa ucapan, kode, data, gambar dan sebagainya dari satu pihak ke pihak yang lainnya,  baik secara langsung ataupun menggunakan media. Intinya antara satu sama lain bisa memahami apa yang diminta antara keduanya. Pentransferan informasi ini dilakukan dengan memodulasikan informasi pada gelombang elektromagnetik yang bertindak sebagai pembawa signal informasi dari sumber setelah sampai tujuan maka untuk memperoleh informasi yang asli dilakukan demodulasi. Yang mana komunikasi bisa dikatakan berhasil apabila muatan sinyal informasi yang asli dapat diterima oleh penerima sesuai atau sama dengan informasi yang aslinya.
Fiber optik merupakan salah satu media transmisi yang sangat baik untuk digunakan dalam pentransmisian sebuah informasi. Karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh media-media transmisi yang lainnya.diantara keunggulannya adalah sebagai berikut, menyediakan bandwidth yang besar dan akses yang cepat, sedikit nois, bisa tahan lama, tahan terhadap korosi atau pengkaratan kerena terbuat dari bahan yang tidak bisa berkarat yangni kaca atau plastik silika.
Penggunaan fiber optik saat ini sangat pesat terutama didalam dunia pertelekomunikasian. Dimana para pangguna baik perusahaan ataupun konsumen ingin mendapatkan layanan yang memuaskan dengan kapasitas yang besar dan cepat dalam setiap melakukan komunikasi dengan orang. Namun terdapat beberapa kelemahan yakni biaya instalasi fiber masih cukup mahal.
Pada tahun 1970 – an, perusahaan telepon dan TV kabel menyadari akan keuntungan dari menggantikan kabel metalik dengan fiber optik. Perusahaan-perusahaan ini investasi dalam Fiber To The Curb (FTTC) dan Hybrid Fiber / Coax (HFC) dengan cara menggunakan teknologi fiber optik pada saluran trunk tetapi menggunakan teknologi konvensional dalam menghubungkan pemakai ke jaringan menggunakan kabel metalik. Dengan strategi ini, mereka mengkonstruksikan sebuah jaringan yang biaya instalasi dari fiber optik dibagikan ke banyak pemakai. Selanjutnya, seiring dengan kemajuan teknologi, perusahaanperusahaan mulai beralih ke Fiber To The Home (FTTH)  (sumber : fullpaper117_suci_rahmatia)

            Maka dari itu dalam makalah ini penulis aka memaparkan alasan penggunaan teknologi FTTH dan penjelasan arsitektur jaringan Optik (PTP), PON dan AON. download the FOA
SKSO.rar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar